Artificial Intelligence Research and Industry Innovation

"AI Technology for National Priority Sectors (Healthcare, Education, Food Supply)"



Halo gais! 

Kali ini aku akan membahas tentang apa yang aku simpulkan dari webinar yang aku ikuti pada tanggal 12 November yang di selenggarai oleh Artificial Intelligence Summit 2020, yang mengangkat tema " The First and Biggest Virtual Exhibition for Artificial Intelligence in Indonesia". Terdapat banyak sekali keynote speech, tetapi disini saya hanya membahas satu keynote speech yang dimoderatori oleh Dr. Eko Fajar Prasetyo, Director of Biz Dev PT Hikari Solusindo Sukses. Dr. Eko  mengangkat Pembahasan tentang AI (Artificial Intelligence) dibidang kesehatan, edukasi dan pasokan makanan. Tetapi, fokus pembahasan saya hanya pada bidang pendidikannya.

URGENSI KA UNTUK PENDIDIKAN DAN RISET

Pendidikan adalah kebutuhan dasar manusia

Pendidikan adalah amanat UUD dan karenanya pemerintah meyediakan anggaran besar untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Akan tetapi, pengelolaan masih manual.

Pendidikan berorientasi anak didik

pendidikan yang berbasis precision learning yang memperhitungkan aspek kognitif, afektif dan psiko-motorik siswa, serta perilaku ata kebiasaan siswa sehari hari. Karena itu Pendidikan yang memanfaatkan gadget, komputer atau digital footprint siswa, akan menggeser pendidikan formal ke non-formal

Solusi teknologi untuk pembelajaran

Pembelajaran menyenangkan; data pendidikan terintegrasi; penilaian adaptif; pembelajaan berorientasi anak didik dan personalisasi; pembelajaran jarak jauh.

Dasar Pemikiran KA untuk Riset

Inovasi KA membutuhkan riset 

Indonesia dengan berbagai macam keragaman, memiliki banyak use-casses atau topik penelitian yang dapat menghasilkan berbagai inovasi riset kecerdasan artifisial

State of the Art Riset Kecerdasan Artifisal

Eksplorasi metode/teknik kecerdasan artifisal; machine learning, deep learning, AI on chip, dll.

Kemajuan riset adalah indikator negara maju

Indonesia memiliki Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 (RIRN) dalam rangka menciptakan manusia yan inovatif untuk menciptakan keunggulan kompetitif secara global.

Pengembangan Inovasi KA

Penerapan KA di sistem Intellegent Online Education

Penerapan materi pembelajaran secara daring, KA diaplikasikan kedalam materi belajar, metode assessment, hasil pembelajaran dll.

Teknologi Virtual Reality(VR) dan Augmented Reality(AR) di Smart Course Content

VR dan AR untuk pembuatan modul pembelajaran dan pelatihan yang menyertakan simulasi, demo, dan self assessment.

Teknologi Virtual Reality(VR) dan Augmented Reality(AR) di Virtual Laboratory

Adaptive Learning System

Penilaian yang mengukur kemampuan siswa dan menentukan soal yang sesuai untuk siswa melalui pengenalan pengetahuan siswa meninjau tren kemajuan belajar,dsb.

Adaptive Assessment System

Penilaian yang mengukur kemampuan siswa dan menentukan soal yang sesuai untuk siswa. sistem ini dapat digunakan untuk menilai seberapa tepat pencapaian kompetensi siswa

Intellegent Student Classification

Serious Game in Education

Game untuk membantu proses penguasaan materi lebih cepat

Precision Learning System

Pelajaran menitik beratkan pada personal siswa, dimana materi disesuaikan dengan tipe siswa



Sekian dari blog aku kali ini kurang dan lebihnya aku mohon maaf, Wassalammu'alaikum wr .wb.

Komentar

Postingan Populer