Software

 Software



Pengertian

        Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggrissoftware) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Fungsi

        Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi software adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  2. Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
  3. Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
  4. Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
  5. Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

Jenis-jenis Software

  • Operating System (sistem operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa jenis operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS, MacOS.
  • Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic. Bahasa Pemograman dibagi menjadi 5 Generasi, yaitu ; Generasi 1 menggunakan bahasa biner, Generasi 2 menggunakan bahasa Assembler, Generasi 3 menggunakan bahasa tingkat tinggi, Generasi 4 menggunakan bahasa 4GL dan yang terakhir generasi 5 menggunakan bahasa OOP
  • Utility, Berfungsi untukmembantu atau mengisi kekurangan dari Sistem Operasi. Jenis jenis utilitas adalah sebagai berikut ; Program Backup dan restore, Program Pemulihan Data, Program Kompresi data, Program Partisi, Program utilitas Burning disk, Program utilitas duplikat file, Kriptografi Utilitas, dan Uninstaller.
  • Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.

Distribusi Software

  • Freeware, yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.
  • Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
  • Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
  • OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
  • Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari)


Pertanyaan

= Apakah bahasa pemograman dari generasi 1 masih dipakai sampai sekarang? atau dilupakan begitu saja dikarenakan sudah ada generasi terbaru? terimakasih...

Komentar

  1. Pemrogram zaman modern kadang-kadang masih menggunakan kode tingkat mesin seperti bahasa generasi 1, terutama ketika memprogram fungsi tingkat yang lebih rendah dari sistem, seperti driver , antarmuka dengan firmware, dan perangkat keras. Perbedaan generasi tersebut sebagai bentuk evolusi atau perkembangan, tetapi juga sebagai landasan atau dasar..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer